Sunday 10 April 2011

Beberapa Pengertian Media Pembelajaran

Media merupakan kata yang diadopsi dan disesuaikan dari bahasa latin yakni medius.  Secara harafiah, medius diartikan 'tengah', 'perantara', atau 'pengantar'. Berikut ini diberikan beberapa batasan media.




Media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi.

AECT (Association of Education and Communication Technology)

Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya belajar. Media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan verbal.

Gagne

Batasan-batasan media yang diberikan memiliki persamaan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima. Dalam satu frasa, media pembelajaran didefinisikan sebagai berikut.


Media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.

Yusuf Hadimiarso


Media pembelajaran adalah media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pengajaran yang tertuang dalam GBPP, yang dimaksudkan untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar.

Santoso S. Hamidjojo


Berdasarkan pendapat tersebut, kita dapat menyimpulkan batasan media dalam terminologi pendidikan indonesia yakni sebagai berikut.

1. Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pengajaran sesuai dengan GBPP
2. Media pembelajaran digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa.
3. Media pembelajaran menunjang terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan, dan terkendali.
4. Media pembelajaran mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar.



Referensi:

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pres.
Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenata Media.
John D. Latuheru. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

No comments:

Post a Comment